Positioning


     Positioning adalah part of branding. atau langkah setelah melakukan segmentasi dan targeting. Positioning adalah memposisikan produk tersebut kedalam
otak atau pikiran konsumen, sehingga konsumen memiliki penilaian tertentu  dan tergerak untuk lebih memilih produk yang kita jual dibandingkan dengan produk pesaing. Sama halnya dengan kita memposisikan produk kita harus berada di dalam memori utama atau peringkat pertama yang akan selalu diingat konsumen.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam positioning, yakni :
1. Positioning adalah strategi komunikasi
   Bagaimana perusahaan berkomunikasi dengan atribut -atribut yang tertera di produk baik fisik maupun non fisik. Untuk fisik contohnya seperti label, warna utama, desain, dll. Sedangkan untuk yang non-fisik adalah mengenai budaya atau citra yang diangkat oleh perusahaan, dsb.

2. Positioning bersifat dinamis
    Posisi poduk kita dipasar akan berubah-ubah tergantung usaha positioning perusahaan kita atau perusahaan pesaing yang lebih kuat, sehingga banyak konsumen yang beralih. Oleh karena itu positioning harus selalu di evaluasi dan dikembangkan.

3. Positioning berhubungan dengan atribut pada produk
    Seperti yang sudah dijelaskan di no. satu, konsumen akan mengingat atribut-atribut yang kita berikan, untuk memposisikan dimana produk kita akan ditaruh di pikirannya.

4. Positioning harus memberi arti yang penting bagi konsumen
    atribut-atribut yang dianggap penting oleh konsumen juga harus mengandung arti bagi si konsumen tersebut.

5. Positioning diungkapkan dalam bentuk pernyataan
    Positioning harus enak didengar, mudah dan dapat dipercaya.


Berikut saya ambil contoh sebuah produk, yang mencirikan kekuatan positioning mereka selama beberapa periode. Yang pertama adalah Bodrex. Obat sakit kepala yang dari dulu sampai sekarang tetap konsisten dalam memposisikan dirinya sebagai obat sakit kepala no. 1 di Indonesia, yang memang dipakai oleh semua kalangan. berikut adalah beberapa iklannya.

-Iklan Bodrex migra tahun 2008

 -Iklan bodrex tahun 2010

-Iklan bodrex tahun 2012

-Iklan bodrex ulang tahun ke 43, Tahun 2013

    
    Sebuah Positioning yang baik adalah yang dapat mencerminkan apa yang telah janjikan oleh produk akan diterima dengan baik di konsumen. Perlu diingat karena Positioning adalah bagian dari sebuah branding maka perusahaan dituntut jangan sampai membuat konsumen kecewa terhadap produk yang ditawarkannya.

0 bacotan:

Posting Komentar

 

Get In Touch

phone Number : +62 856 1938 510
email : streetartist.ofdexact@gmail.com
BBM PIN : 764a25a2

My Inspirational Site