Poster dan Pengertiannya


I.Latar Belakang
    Setiap manusia di anugrahi kreativitas oleh Tuhan YME.Dengan mempunyai tujuan untuk meningkatkan kreativitas yang dimiliki setiap manusia, makalah ini dapat menjadi bahan pembelajaran dan sebagai tempat untuk meningkatkan
daya imajinasi yang lebih luas. Sehingga akan semakin banyak masyarakat yang sadar atas kemampuan imajinasi yang dimilikinya.
    Serta pembuatan makalah ini dapat berguna untuk masyarakat yang belum mengetahui pengertian poster,kegunaan poster,jenis-jenis poster, serta contoh-contoh poster    yang benar.

II. Pengertian dan Kegunaan Poster
Pengertian poster bermacam-macam, Yaitu :
Poster adalah Gambar-gambar yang dirancang sedemikian rupa sehingga menarik perhatian, sedikit menggunakan kata-kata, dicetak pada sehelai kertas / bahan lain yang ditempelkan pada tempat tertentu.
Sebuah poster harus didesain menggugah / menarik perhatian khalayak terhadap suatu isu, sehingga dapat menyampaikan pesan secara tepat.
Poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.

Perbedaan mendasar poster dengan media promosi lainnya adalah poster dibaca orang yang sedang bergerak, mungkin sedang berkendara atau berjalan kaki.Sedangkan brosur, booklet, flyer dirancang ntuk dibaca secara khusus, mungkin duduk atau sesaat sambil berdiri. Karena itu poster harus dapat menarik perhatian pembacanya seketika, dan dalam hitungan detik, pesannya harus dimengerti.



Kegunaan dari Poster :
Poster digunakan untuk berbagai macam keperluan,tapi biasanya hanya menyangkut satu dari empat tujuan berikut ini:
1. Mengumumkan / memperkenalkan suatu acara
2. Mempromosikan layanan / jasa
3. Menjual suatu produk
4. Membentuk sikap atau pandangan (propaganda)

Kegunaan lain dari poster adalah dapat digunakan sebagai Media Pembalajaran. Poster dapat dikatakan sebagai media pembelajran yang efektif apabila pesan yang disampaikan sesuai dengan materi yang ada.
III. Jenis-jenis Poster:
a. Poster Niaga
Poster yang berisi penawaran sebuah produk atau jasa. Misalnya: poster rokok, poster sabun, poster sepatu, dan sebagainya.
Contoh kalimat poster:
1. Gudang Garam Merah, Pria Punya Selera!
2. Orang pintar minum tolak angin.
b. Poster Kegiatan
Poster yang berisi pelaksanaan suatu kegiatan. Misalnya: poster seminar, poster pentas seni, poster jantung sehat, dan sebagainya.
Contoh kalimat poster:
1. Badan Sehat Pikiran Kuat. Ikuti jantung sehat di SMP Negeri 1 Garum.
2. Jangan lewatkan kesempatan emas menjadi jurnalis. Ikuti Seminar Jurnalistik oleh Pakar Jurnalistik Ternama Bayu Sutiyono dari Jawa Pos.
c. Poster Pendidikan.
Poster yang bertujuan memberi penerangan kepada masyarakat bersifat memberitahu atau mendidik. Misalnya: poster kesehatan, poster kebersihan, poster pendidikan , dan sebagainya.

Contoh kalimat poster:
1. Hutan ditebang banjir bandang menerjang!
2. Dilihat, diraba , diterawang 3 D!
d. Poster Wanted
   Poster ini digunakan untuk memuat sayembara untuk menemukan penjahat yang sedang dicari negara.
e. Poster Cheesecake
   Poster ini merupakan jenis poster anak-anak muda. Poster ini biasanya berisikan gambar bintang-bintang rock dan pop, artis musik.
f. Poster Film
   Industri film sangat memanfaatkan poster untuk mempopulerkan film-filmnya. Hingga kini poster film dibuat menggunakan teknolog dan profesionalisme yang sangat tinggi karena dari situ dilibatkanlah kemampuan finansial yang sangat luas. Desainer-desainer terbaik disewa untuk membuat karya-karya poster untuk mempromosikan film.
g. Poster Komik Buku
   Popularitas komik dunia mencapai puncaknya pada tahun 60-an. Hal ini memicu produksi massal dari poster-poster komik pada tahun 70-an ke atas.
h. Poster Affirmation
   Tujuan pembuatan poster affirmation adalah untuk memotivasi dengan kata-kata yang tertulis pada poster tersebut. Teks/ kata-kata motivasi yang tercantum biasanya tentang Leadership, Opportunity dan lain-lain.
i. Poster Riset dan Kegiatan Ilmiah
   Poster ini merupakan jenis poster yang sering dipakai dikalangan akademis untuk mempromosikan kegiatan ilmiah yang hendak dilakukan.



IV. Contoh-Contoh Poster:
   1. poster Riset  

   2. poster kegiatan

   3. poster pendidikan    

   4. poster Kesehatan
      


V. Daftar Pustaka:
http://reny-geo.blogspot.com/2009/12/poster.html
http://pasukanterakhir.blogspot.com/2009/06/poster.html
http://ardwi.wordpress.com/2010/08/15/poster/
http://fsuhadak.blogspot.com/2009_12_01_archive.html
http://yuyucreateur.blogspot.com/
http://fosma165diy.wordpress.com/page/2/
http://designdesigner.freei.me/desain portofolio/portfolio-poster-pendidikan.html
http://zanu-megapro.blogspot.com/2009/01/pengertian-poster.html
http://www.tembokbomber.com/tag/the-yellow-dino/page/3/
http://haristitik.blogspot.com/2009/05/poster.html


  


0 bacotan:

Posting Komentar

 

Get In Touch

phone Number : +62 856 1938 510
email : streetartist.ofdexact@gmail.com
BBM PIN : 764a25a2

My Inspirational Site