1
. Apa yang dimaksud dengan psikologi konsumen ?
Psikologi adalah ilmu yang
mempelajari tentang kejiwaan,kepribadian, maupun perilaku
seorang konsumen / manusia dalam hal ini sebagai pembeli maupun pengguna jasa, dalam memilih dan pembelian barang.
seorang konsumen / manusia dalam hal ini sebagai pembeli maupun pengguna jasa, dalam memilih dan pembelian barang.
2. Bagaimana Proses dari individu konsumsi menjadi konsumerisme ?
Tujuan Konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan dan untuk memperoleh
kepuasan yang berakibat mengurangi ataupun menghabiskan nilai guna suatu
barang/jasa. Namun Faktor Lingkungan dapat mempengaruhi perilaku individu
antara lain adalah keluarga, teman-teman, media massa, faktor pendapatan dan
juga faktor yang datang dari dalam diri individu tersebut sendiri dapat merubah
seseorang menjadi konsumtif. Awalnya
individu akan menjadi konsumtif atau membeli karena gengsi dari lingkungan
sekitar dan bukan untuk memenuhi kebutuhan, hal ini biasa disebut perilaku yang
boros. Jika Individu terlalu lama terjebak dalam budaya konsumtif maka hal ini
dapat mendatangkan paham Konsumerisme
dalam dirinya atau proses konsumsi secara berlebihan dan tidak sepantasnya,hal
ini secara sadar di ketahui individu tersebut dan berkelanjutan atau biasa
disebut pecandu suatu produk.
3. Mengapa Perlunya mempelajari Psikologi konsumen beserta perilakunya pada
seorang desain grafis ?
Psikologi konsumen perlu dipelajari
seorang desain grafis karena desain berbeda dengan seni murni yang hasil karyanya
tidak bisa di ganggu gugat. sebuah desain haruslah sesuai atau tepat dengan
keinginan konsumen atau klien. Oleh karena itu desainer yang handal pasti sudah
tahu apa yang diinginkan konsumen, sehingga dalam proses mendesain tidak perlu
melakukan banyak revisi dan pesan yang disampaikan dari sebuah desain bisa tepat, efisien dan mudah dipahami oleh
pembaca dalam hal ini khalayak/konsumen.
0 bacotan:
Posting Komentar