Apa itu Psikologi Konsumen ?

1
.      Apa yang dimaksud dengan psikologi konsumen ?

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan,kepribadian, maupun perilaku
seorang konsumen / manusia dalam hal ini sebagai pembeli maupun pengguna jasa, dalam memilih dan pembelian barang.

2.      Bagaimana Proses dari individu konsumsi menjadi konsumerisme ?

Tujuan Konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan dan untuk memperoleh kepuasan yang berakibat mengurangi ataupun menghabiskan nilai guna suatu barang/jasa. Namun Faktor Lingkungan dapat mempengaruhi perilaku individu antara lain adalah keluarga, teman-teman, media massa, faktor pendapatan dan juga faktor yang datang dari dalam diri individu tersebut sendiri dapat merubah seseorang menjadi konsumtif. Awalnya individu akan menjadi konsumtif atau membeli karena gengsi dari lingkungan sekitar dan bukan untuk memenuhi kebutuhan, hal ini biasa disebut perilaku yang boros. Jika Individu terlalu lama terjebak dalam budaya konsumtif maka hal ini dapat mendatangkan paham Konsumerisme dalam dirinya atau proses konsumsi secara berlebihan dan tidak sepantasnya,hal ini secara sadar di ketahui individu tersebut dan berkelanjutan atau biasa disebut pecandu suatu produk.

3.      Mengapa Perlunya mempelajari Psikologi konsumen beserta perilakunya pada seorang desain grafis ?

Psikologi konsumen perlu dipelajari seorang desain grafis karena desain berbeda dengan seni murni yang hasil karyanya tidak bisa di ganggu gugat. sebuah desain haruslah sesuai atau tepat dengan keinginan konsumen atau klien. Oleh karena itu desainer yang handal pasti sudah tahu apa yang diinginkan konsumen, sehingga dalam proses mendesain tidak perlu melakukan banyak revisi dan pesan yang disampaikan dari sebuah desain bisa tepat, efisien dan mudah dipahami oleh pembaca dalam hal ini khalayak/konsumen.





0 bacotan:

Posting Komentar

 

Get In Touch

phone Number : +62 856 1938 510
email : streetartist.ofdexact@gmail.com
BBM PIN : 764a25a2

My Inspirational Site