Apa itu Ambient media ?
Ambient media adalah media baru
dalam beriklan. memiliki
ciri khas yaitu mampu menyinergikan pesan dan pengalaman khalayak konsumen,
sehingga khalayak dapat langsung merasakan kebenaran pesan yang disampaikan. tujuan utamanya adalah untuk membangkitkan feeling
dan mood konsumen agar merasa nyaman dan suka ketika berinteraksi dengan produk
atau layanan yang ditawarkan oleh produsen. Semangat yang dibawa oleh ambient
media adalah memberikan pengalaman yang tak terlupakan memorable expeperience
kepada konsumen.
Contoh
Ambient Media dan Maknanya
Ambient dari Kawasaki disamping memiliki makna
pesan bahwa salah satu motor sport buatan Kawasaki yakni Ninja, memiliki
kecepatan akselerasi yang lebih cepat dibanding motor sport buatan pesaingnya.
Hal ini dibuktikan dengan adanya gambar Kawasaki Ninja yang di tempel pada
detik sebuah jarum jam analog, sehingga Kawasaki ninja akan berputar lebih
cepat dibanding produk pesaing yang di tempel
pada jarum yang menunjukan menit dan jam.
Hal ini juga didukung dengan adanya
tagline “let the faster become winner”
, yang memiliki makna bahwa yang tercepat akan menjadi pemenang. Seolah
memberikan pembuktian dan pengalaman kepada khalayak yang melihat bahwa Ninja adalah motor
sport yang tercepat dalam hal akselerasi atau kecepatan.
Satu lagi adalah contoh ambient media untuk produk mobil Jeep. mereka menyampaikan pesan bahwa mobil Jeep adalah mobil segala medan dan yang menarik adalah positioning ini diangkat melalui sebuah ambient media yang simple yakni membuat tempat parkir untuk mobil Jeep di segala macam landasan yang tak rata.
0 bacotan:
Posting Komentar