Konsep Dasar Komunikasi Pemasaran


    Pemasaran adalah serangkaian proses menyebarluaskan atau memberitahukan informasi mengenai keberadaan  suatu barang,produk,jasa atau layanan kepada masyarakat / khalayak umum yang menjadi target market dari seorang Pemasar.
Pemasar yang dimaksud adalah seseorang atau kelompok yang melakukan kegiatan pemasaran. Contohnya individu, kelompok, Organisasi, komunitas, Lembaga maupun perusahaan.
        Sementara Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari satu pihak kepada pihak lain menggunakan media tertentu dan terjadi respon dari penerima pesan, terhadap pesan yang didapatnya. Komunikasi dapat berupa komunikasi verbal (menggunakan suara) dan non verbal (tanpa suara). Konsep dasar komunikasi dalam pemasaran yakni keduanya memiliki hubungan yang tidak dapat dipisahkan. Contoh nyata komunikasi dalam pemasaran adalah promosi barang atau produk melalui seminar, penawaran langsung produk atau barang antara dua individu (pemasar dan calon pelanggan). Contoh lain adalah melalui media elektronik atau media kemasan produk dan atribut perusahaan juga berkomunikasi untuk menarik perhatian pelanggan.    
       Tujuan Dari Pemasaran adalah meningkatkan rasa tahu masyarakat (target pasar) terhadap keberadaan produk yang ditawarkan pemasar. Selain itu pemasaran memiliki fungsi lain yakni target market memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan, mengelola hubungan antara pelanggan dan pemasar dan meningkatkan penjualan. Oleh karena itu yang harus dilakukan pemasar adalah memastikan produk, barang atau jasa yang tersedia adalah memiliki kualitas  yang unggul dibandingkan dengan yang lain. Dengan demikian akan tercapai target pemasaran yang ideal yakni menghasilkan seorang pelanggan yang siap untuk membeli.
Strategi Pemasaran 4P (Promotion,Product,Price,Place)
Di dalam pemasaran juga terdapat empat strategi yang memiliki peranan penting. Empat strategi tersebut ialah :
1.       Promotion
Promosi dalam pemasaran tidak bisa dianggap sepele. Minimnya kegiatan promosi,akan mengakibatkan calon pelanggan tidak akan tahu keberadaan produk yang dijual perusahaan. Hal ini mempengaruhi jumlah pelanggan yang membeli produk yang dijual. Oleh karena itu tidak heran jika sebuah perusahaan rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mempromosikan produknya. Strategi promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengadakan acara seminar,pameran atau demo penggunaan barang atau jasa yang dijual. Selain itu, memasang iklan di media cetak maupun elektronik juga bisa menjadi cara promosi yang efektif. Tujuan dari promosi itu sendiri adalah untuk mempengaruhi dan membujuk pelanggan tertarik dan membeli produk yang ditawarkan.

2.      Product
Produk adalah sesuatu yang ditawarkan dan dipasarkan oleh pemasar kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Hal yang termasuk produk antara lain barang, jasa, pengalaman, events, orang, dan lain-lain. Perusahaan haruslah memiliki sebuah produk yang lebih unggul dari produk perusahaan lain, Karena persaingan antara pencipta produk saat ini sangat ketat. Oleh karena itu Perusahaan yang baik adalah selain dapat membuat produk yang bisa memenuhi kebutuhan, produk tersebut juga harus inovatif dan memiliki nilai lebih unggul dari produk pesaingnya. Riset, observasi dan evaluasi  perusahaan terhadap produk di pasaran dan minat pelanggan adalah cara yang efektif untuk menciptakan produk-produk yang inovatif dan berdaya saing.
3.       Price
Strategi pemasaran yang selanjutnya adalah mengenai harga. Penetapan harga suatu produk juga berdampak besar terhadap minat pelanggan untuk membeli. Sebuah Perusahaan sebelum menentukan harga sebaiknya bisa menganalisis kondisi dari target pasar dan harga produk pesaing. Kondisi keuangan dari target pasar menjadi pertimbangan dalam penentuan harga, apakah sesuai dengan kemampuan pelanggan untuk membeli produk tersebut. Harga produk pesaing juga harus di pertimbangkan untuk perbandingan harga yang bersaing.

4.      Place
Tempat berfungsi sebagai sarana distribusi produk, supaya memudahkan pelanggan mendapatkan produk yang diinginkannya. Tempat yang strategis sebisa mungkin harus dekat dengan lingkungan target market perusahaan. Contohnya yakni di pusat keramaian seperti dekat dengan jalan raya, kota, sekolah, kampus dan lain-lain. Akses Jalan dan Transportasi ke tempat produk dijualjuga harus mudah dijangkau. Tempat yang dekat dengan lingkungan dimana pelanggan tersebut berada akan memudahkan pelanggan dari segi waktu untuk mendapatkan produk yang diinginkannya.

Ke empat hal tersebut sudah menjadi pusat perhatian dan evaluasi oleh banyak perusahaan saat ini untuk mempertahankan eksistensi bisnisnya.


Segmentasi Pasar

      Pengertian dari segmentasi pasar adalah Menghomogenisasikan market/pasar yang masih bersifat heterogen, menjadi beberapa bagian berdasarkan beberapa hal yakni, karakteristik yang sama dalam kebutuhan dan sikap, dan diharapkan akan memberikan respon yang sama terhadap penawaran yang disampaikan., yang dijadikan pertimbangan dalam menentukan siapa target market yang dituju oleh suatu perusahaan.


Fungsi dari segmentasi itu sendiri antara lain :
1.  Memudahkan suatu perusahaan untuk lebih fokus masuk ke pasar yang sesuai dengan keunggulan kompetitif perusahaan tersebut.
2.  Perusahaan dapat mengetahui posisinya di pasar dan mengetahui peta kompetisi beberapa kompetitornya.
3.     Sebagai dasar untuk perusahaan mempersiapkan strategi marketing kedepannya.
4.    Faktor penting menyaingi bahkan mengungguli pesaing dengan memandang pasar dari sudut pandang yang berbeda.

     Dengan melakukan segmentasi pasar, pemasaran akan lebih terarah dan efektif sehingga dapat memberikan kepuasan kepada konsumen.Segmentasi Pasar dibagi menjadi beberapa macam dan Semuanya memiliki ciri yang berbeda-beda satu sama lain.Segmentasi pasar diantaranya adalah: geografi,demografi,psikografi dan behavioral/perilaku.

1.       Segmentasi geografi
Berbicara geografi erat hubungannya dengan suatu wilayah. Sebuah Perusahaan akan mempertimbangkan wilayah atau daerah operasi yang potensial untuk mendapatkan keuntungan. Segmentasi gografi membagi pasar menjadi beberapa bagian yang berbeda-beda seperti Negara, Negara bagian, wilayah, kota dan desa.

2.       Segmentasi demografi
Dalam hal ini pasar dibagi menjadi beberapa grup bagian  antara lain Jenis kelamin, Usia, tingkat pendekatan, tingkat pendidikan, dan agama. Fungsi dari segmentasi ini antara lain, memudahkan menjangkau informasi dan relatif lebih murah untuk mengidentifikasikan target market, informasi demografi memberikan gambaran tentang trend yang sedang terjadi, untuk melihat perubahan permintaan aneka produk dan yang terakhir dapat digunakan untuk mengevaluasi pemasaran.

3.      Segmentasi Psikografi
Segmentasi ini digunakan untuk perusahaan yang ingin jauh lebih tau tentang apa yang membuat orang-orang yang memiliki usia, penghasilan, pendapatan dan pendidikan yang sama tetapi berbeda dalam merespon suatu cara pemasaran. Dalam segmentasi psikografis, perilaku konsumen dianalisis melalui gaya hidup (lifestyle), nilai-nilai kehidupan yang dianut (value) dan kepribadian (personality).

4.      Segmentasi Perilaku
Segmentasi ini berkaitan dengan bagaimana pelanggan menyikapi atau menanggapi terhadap produk yang ditawarkan. Hal ini bisa dilihat dari sikap konsumen terhadap produk, apakah konsumen akan tertarik untuk membeli, ataukah tidak menanggapi sama sekali. kebiasaan membeli atau buying habits terhadap produk yang ditawarkan juga termasuk segmentasi perilaku yang dapat dipertimbangkan oleh perusahaan.


kutipan sumber :





http://Strategi Pemasaran 4P (+3P) _ INFOSKY - Business Multi-info.html

http://Segmentasi pasar dan analisis demografi terhadap perilaku konsumen _ Dimasmandala's Blog.html

0 bacotan:

Posting Komentar

 

Get In Touch

phone Number : +62 856 1938 510
email : streetartist.ofdexact@gmail.com
BBM PIN : 764a25a2

My Inspirational Site