Pemasaran adalah serangkaian proses menyebarluaskan atau memberitahukan informasi mengenai keberadaan suatu barang,produk,jasa atau layanan kepada masyarakat / khalayak umum yang menjadi target market dari seorang Pemasar.
Pemasar yang dimaksud adalah seseorang atau kelompok yang melakukan kegiatan pemasaran. Contohnya individu, kelompok, Organisasi, komunitas, Lembaga maupun perusahaan.
Sementara Komunikasi adalah proses
penyampaian pesan dari satu pihak kepada pihak lain menggunakan media tertentu
dan terjadi respon dari penerima pesan, terhadap pesan yang didapatnya.
Komunikasi dapat berupa komunikasi verbal (menggunakan suara) dan non verbal
(tanpa suara). Konsep dasar komunikasi dalam pemasaran yakni keduanya memiliki
hubungan yang tidak dapat dipisahkan. Contoh nyata komunikasi dalam pemasaran
adalah promosi barang atau produk melalui seminar, penawaran langsung produk
atau barang antara dua individu (pemasar dan calon pelanggan). Contoh lain
adalah melalui media elektronik atau media kemasan produk dan atribut
perusahaan juga berkomunikasi untuk menarik perhatian pelanggan.
Tujuan Dari Pemasaran adalah meningkatkan
rasa tahu masyarakat (target pasar) terhadap keberadaan produk
yang ditawarkan pemasar. Selain itu pemasaran memiliki fungsi lain yakni target
market memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan, mengelola hubungan
antara pelanggan dan pemasar dan meningkatkan penjualan. Oleh karena itu yang
harus dilakukan pemasar adalah memastikan produk, barang atau jasa yang
tersedia adalah memiliki kualitas yang
unggul dibandingkan dengan yang lain. Dengan demikian akan tercapai target
pemasaran yang ideal yakni menghasilkan seorang pelanggan yang siap untuk
membeli.
Strategi Pemasaran 4P
(Promotion,Product,Price,Place)
Di dalam pemasaran juga terdapat
empat strategi yang memiliki peranan penting. Empat strategi tersebut ialah :
1. Promotion
Promosi dalam pemasaran tidak bisa dianggap sepele. Minimnya kegiatan
promosi,akan mengakibatkan calon pelanggan tidak akan tahu keberadaan produk
yang dijual perusahaan. Hal ini mempengaruhi jumlah pelanggan yang membeli produk
yang dijual. Oleh karena itu tidak heran jika sebuah perusahaan rela mengeluarkan
biaya yang tidak sedikit untuk mempromosikan produknya. Strategi promosi bisa
dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengadakan acara seminar,pameran atau
demo penggunaan barang atau jasa yang dijual. Selain itu, memasang iklan di
media cetak maupun elektronik juga bisa menjadi cara promosi yang efektif.
Tujuan dari promosi itu sendiri adalah untuk mempengaruhi dan membujuk
pelanggan tertarik dan membeli produk yang ditawarkan.
2. Product
Produk adalah sesuatu yang ditawarkan dan dipasarkan oleh pemasar kepada
konsumen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Hal yang termasuk
produk antara lain barang, jasa, pengalaman, events, orang, dan
lain-lain. Perusahaan haruslah
memiliki sebuah produk yang lebih unggul dari produk perusahaan lain, Karena
persaingan antara pencipta produk saat ini sangat ketat. Oleh karena itu
Perusahaan yang baik adalah selain dapat membuat produk yang bisa memenuhi
kebutuhan, produk tersebut juga harus inovatif dan memiliki nilai lebih unggul
dari produk pesaingnya. Riset, observasi dan evaluasi perusahaan terhadap produk di pasaran dan minat
pelanggan adalah cara yang efektif untuk menciptakan produk-produk yang
inovatif dan berdaya saing.
3. Price
Strategi pemasaran yang selanjutnya adalah mengenai harga. Penetapan
harga suatu produk juga berdampak besar terhadap minat pelanggan untuk membeli.
Sebuah Perusahaan sebelum menentukan harga sebaiknya bisa menganalisis kondisi
dari target pasar dan harga produk pesaing. Kondisi keuangan dari target pasar
menjadi pertimbangan dalam penentuan harga, apakah sesuai dengan kemampuan pelanggan
untuk membeli produk tersebut. Harga produk pesaing juga harus di pertimbangkan
untuk perbandingan harga yang bersaing.
4. Place
Tempat berfungsi sebagai sarana distribusi produk, supaya memudahkan
pelanggan mendapatkan produk yang diinginkannya. Tempat yang strategis sebisa
mungkin harus dekat dengan lingkungan target market perusahaan. Contohnya yakni
di pusat keramaian seperti dekat dengan jalan raya, kota, sekolah, kampus dan
lain-lain. Akses Jalan dan Transportasi ke tempat produk dijualjuga harus mudah
dijangkau. Tempat yang dekat dengan lingkungan dimana pelanggan tersebut berada
akan memudahkan pelanggan dari segi waktu untuk mendapatkan produk yang
diinginkannya.
Ke empat hal tersebut sudah menjadi pusat perhatian dan evaluasi oleh
banyak perusahaan saat ini untuk mempertahankan eksistensi bisnisnya.
Segmentasi Pasar
Pengertian dari segmentasi pasar adalah Menghomogenisasikan market/pasar yang masih bersifat heterogen, menjadi beberapa bagian berdasarkan beberapa hal yakni, karakteristik yang sama dalam kebutuhan dan sikap,
dan diharapkan akan memberikan respon yang sama terhadap penawaran yang
disampaikan.,
yang dijadikan pertimbangan dalam menentukan siapa target market yang dituju oleh suatu
perusahaan.
Fungsi dari segmentasi itu sendiri antara lain :
1. Memudahkan suatu perusahaan untuk
lebih fokus masuk ke pasar yang sesuai dengan keunggulan kompetitif perusahaan
tersebut.
2. Perusahaan dapat mengetahui
posisinya di pasar dan mengetahui peta kompetisi beberapa kompetitornya.
3. Sebagai dasar untuk perusahaan
mempersiapkan strategi marketing kedepannya.
4. Faktor penting menyaingi bahkan
mengungguli pesaing dengan memandang pasar dari sudut pandang yang berbeda.
Dengan
melakukan segmentasi pasar, pemasaran akan lebih terarah dan efektif sehingga
dapat memberikan kepuasan kepada konsumen.Segmentasi Pasar dibagi menjadi beberapa macam dan
Semuanya memiliki ciri yang berbeda-beda satu sama lain.Segmentasi pasar
diantaranya adalah: geografi,demografi,psikografi dan behavioral/perilaku.
1. Segmentasi geografi
Berbicara geografi erat hubungannya dengan suatu wilayah. Sebuah
Perusahaan akan mempertimbangkan wilayah atau daerah operasi yang potensial
untuk mendapatkan keuntungan. Segmentasi gografi membagi pasar menjadi beberapa
bagian yang berbeda-beda seperti Negara, Negara bagian, wilayah, kota dan desa.
2. Segmentasi demografi
Dalam hal ini pasar dibagi menjadi beberapa grup bagian antara lain Jenis kelamin, Usia, tingkat pendekatan,
tingkat pendidikan, dan agama. Fungsi dari segmentasi ini antara lain, memudahkan
menjangkau informasi dan relatif lebih murah untuk mengidentifikasikan target
market, informasi demografi memberikan gambaran tentang trend yang sedang
terjadi, untuk melihat perubahan permintaan aneka produk dan yang terakhir
dapat digunakan untuk mengevaluasi pemasaran.
3. Segmentasi Psikografi
Segmentasi ini digunakan untuk perusahaan yang ingin jauh lebih tau tentang apa yang membuat orang-orang yang memiliki usia, penghasilan, pendapatan dan pendidikan yang sama tetapi berbeda dalam merespon suatu cara pemasaran. Dalam segmentasi psikografis, perilaku konsumen dianalisis melalui gaya hidup (lifestyle), nilai-nilai kehidupan yang dianut (value) dan kepribadian (personality).
Segmentasi ini digunakan untuk perusahaan yang ingin jauh lebih tau tentang apa yang membuat orang-orang yang memiliki usia, penghasilan, pendapatan dan pendidikan yang sama tetapi berbeda dalam merespon suatu cara pemasaran. Dalam segmentasi psikografis, perilaku konsumen dianalisis melalui gaya hidup (lifestyle), nilai-nilai kehidupan yang dianut (value) dan kepribadian (personality).
4. Segmentasi Perilaku
Segmentasi ini berkaitan dengan
bagaimana pelanggan menyikapi atau menanggapi terhadap produk yang ditawarkan.
Hal ini bisa dilihat dari sikap konsumen terhadap produk, apakah konsumen akan
tertarik untuk membeli, ataukah tidak menanggapi sama sekali. kebiasaan membeli
atau buying habits terhadap produk yang ditawarkan juga termasuk segmentasi
perilaku yang dapat dipertimbangkan oleh perusahaan.
kutipan sumber :
http://Strategi
Pemasaran 4P (+3P) _ INFOSKY - Business Multi-info.html
http://Segmentasi pasar dan analisis demografi terhadap perilaku
konsumen _ Dimasmandala's Blog.html
0 bacotan:
Posting Komentar