label : Packaging, task of campus
software : Adobe Illustrator
year : 2014
Target market
secara geografis target market dari produk ini adalah konsumen yang berada di kota - kota besar seperti daerah Jakarta, Bandung,
dsb yang ada di indonesia. karena penggunaan kapur di kota besar saat ini sudah tergantikan oleh spidol
dan whiteboard, Termasuk di sekolah-sekolah yang dahulu dominan memakai kapur
tulis merek ini. Namun masih ada beberapa konsumen yang masih memakai kapur
tulis untuk kepentingan lain, seperti menggambar,mempola,dll.
Secara demografi target market nya adalah keseluruhan jenis kelamin baik laki-laki maupun perempuan, usia dari
mulai anak-anak hingga dewasa, yang difokuskan kepada guru dan pelajar yang disekolahnya belum
menggunakan spidol, serta beberapa insan kreatif lainnya yang masih menggunakan produk ini namun frekuensinya
tidak sering seperti penggunaan di sekolah.
Secara psikografi dilihat dari kebiasaan orang atau target market yang memiliki
kebiasaan menulis atau mengerjakan pekerjaan yang
membutuhkan kapur. Serta orang2 yang kreatif yang menggunakan kapur sebagai media
berekspresinya.
Elemen-elemen
desain kemasan :
Brand name : “Sarjana” Kapur tulis
nomor satu di Indonesia. Penggunaan kata “kapur tulis nomor satu di Indonesia” karena nama
Produk kapur sudah melegenda di masyarakat Indonesia, terutama yang pernah
memiliki pengalaman menggunakannya.
Color : menggunakan warna biru dan turunan
warnanya yang melambangkan warna langit yakni berkaitan dengan eksistensi
produk yang telah lama dikenal dan merupakan produk unggulan yang berada diatas
produk pesaing. Serta warna biru juga menggantikan warna hijau (warna kemasan
lama) memaknai harapan baru sesuai
dengan tema yang di angkat yakni memberikan dedikasi setinggi-tinggi nya bagi
guru-guru yang terus semangat dalam dunia pendidikan dari zaman penggunaan
kapur dalam pelaksanaanya sampai sekarang tergantikan dengan spidol.
Picture : terdapat gambar aktivitas belajar mengajar dalam kelas
sebuah sekolah sederhana di daerah terpencil. Gambar juga berkaitan dengan tema
yang diangkat.
Tipografi : Perubahan logotype
menjadi lebih simple dalam hal warna dan fontnya yakni menggunakan font Silly popo. Serta untuk pack copy yang
terdapat pada kemasan menggunakan tipografi yang standar
agar lebih mudah dibaca dan diingat
Seperti font Myriad pro.
Layout : layout yang digunakan simple, dan lebih mengutamakan
konsumen focus kepada merek dan gambar. Dibuat menjadi terkesan lebih berkelas
sesuai karakter produk.
0 bacotan:
Posting Komentar